ETIKA, NORMA, dan KAIDAH

Etika, Norma, dan Kaidah

oleh Wahyu Ramdhan Wijanarko, 1006694271

Judul : ETIKA

Pengarang : K. Bertens

Data Publikasi : ETIKA,  Mei 1993, 328 halaman

Bersikap jujur dan sopan, merupakan sebuah perilaku yang diutamakan dalam sebuah bidang kehidupan. Nilai-nilai tersebut diajarkan oleh orang tua terhadap anaknya, diajarkan setiap agama terhadap pemeluk-pemeluknya. Nilai – nilai tersebut biasa disebut sebagai etika. Kondisi saat ini, teknologi dan  informasi berkembang pesat. Perilaku diluar etika seperti  plagiarisme, sangat mudah dilakukan, seseorang dapat dengan cepat mengcopy-paste hasil penuliasan orang lain di internet dan menganggap tulisan tersebut merupakan hasil karyanya. Perilaku plagiat ini pun menjamah  hingga ke program pendidikan doctoral, sebagaimana kita ketahui beberapat tahun belakang ini, terdapat 3 doktor dari perguruan tinggi negeri di Jawa Barat yang terbukti melakukan praktek plagiarisme. Plagiat yang merupakan sebuah perilaku ketidakjujuran  sangat bertentangan dengan etika dan kaidah-kaidah dalam masyarakat Indonesia, sehingga pelaku plagiat dapat dikenakan sanksi sesuai dengan norma-norma yang terdapat di masyarakat, baik itu norma hukum yang bersifat memaksa, maupun norma-norma lain yang sanksinya merupakan cemoohan dari masyarakat dapat pula merupakan rasa penyesalan dalam diri.

Etika merupakan sebuah istilah yang menyangkut konteks ilmiah, istilah etika berasal dari bahasa Yunani kuno adalah ethos yang dalam bentuk tunggal memiliki arti tempat tinggal yang biasa, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Dalam bentuk jamak (la etha) artinya adalah adat kebiasaan. Dalam beberapa sumber ada yang menjelaskan bahwa etika berasal dari kata ethikos, kata ethos dan ethikos merupakan kata sifat serumpun dalam bahasa Yunani kuno. Dalam KBBI (Departemen Pendidikan Kebudayaan, 1988) , etika memiliki definisi tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Etika merupakan ilmu yang membahas tentang moralitas, di sini kita membagi etika dalam tiga pendekatan , yaitu

a. Etika deskriptif, melukiskan tingkah laku moral dalam arti luas, adat kebiasaan, anggapan-anggapan tentang baik dan buruk, tindakan yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Etika ini hanya melukiskan tanpa memberikan penilaian, hanya memberikan sebuah pemaparan.

b. Etika normatif, merupakan bagian terpenting dari etika dan bidang di mana berlangsungnya diskusi-diskusi. Ia tidak lagi melukiskan tentang sebuah adat, namun dapat pula menentangnya jika bertentangan dengan martabat manusia.

c. Metaetika, merupakan suatu jalan menuju konsepsi atas benar atau tidaknya sebuah peristiwa, dengan mempertimbangkan alasan dan dampak pada peristiwa tersebut.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita mengenal norma dan kaidah, jika dilihat secara luas, kaidah dan norma ini sebenarnya sama, hanya asal katanya yang berbeda, kaidah berasal dari bahasa arab, yaitu kaedah dan norma berasal dari kata norm dari bahasa latin. Di KBBI, kaidah memiliki arti aturan yang tentu, patokan, rumusan asas- asas yang menjadi hukum. Sedangkan norma memiliki arti Aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat, dipakai sebagai panduan, tuntunan, dan kendalian tingkah laku yang sesuai dan berterima ; Setiap warga masyarakat harus menaati aturan, ukuran/kaidah yang dipakai. Sebagai tolak ukur untuk menilai/ membandingkan sesuatu. Buku etika (K. Bertens,1993) menjelaskan ada tiga macam norma umum, yaitu norma kesopanan atau etiket, norma hukum, dan  norma moral. Norma kesopanan, misalnya, betul -  betul mengandung norma yang mengatakan apa yang  harus kita lakukan. Mungkin karena alas an ini norma kesopanan sering dicampuradukkan dengan etika. Tapi norma kesopanan hanya menjadi tolak ukur untuk menentukan apakah perilaku kita sopan atau tidak dan hal itu belum tentu sama dengan etis atau tidak.

Membaca dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam hidup bermasyarakat kita harus menaati norma dan kaidah yang sesuai dengan etika yang ada dalam masyarakat tersebut. Menjalani norma yang ada di sekitar kita, akan sangat membantu kita dalam proses bersosialisasi dengan masyarakat.

About these ads
By wachjoe Posted in UI

One comment on “ETIKA, NORMA, dan KAIDAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s